Senin, 22 Oktober 2012

Tips Makanan sehat bagi orang tua / lansia

lansia, orang tua, lanjut usia
Makanan adalah hal mutlak yang harus diperhatikan bagi para lansia atau lanjut usia, mengingat karena faktor usia sehingga menyebabkan menurunnya kemampuan dari fungsi-fungsi tubuh, sehingga dengan menurunnya fungsi tubuh akan sangat mempengaruhi efek dari menurunnya fungsi tubuh tersebut terutama yang berkaitan erat dengan masalah kesehatan. Sehingga jumlah, maupun diet makanan sangat dianjurkan bagi lansia sehingga tidak memperberat fungsi organ. Beberapa tips makanan sehat bagi orang tua / lansia antara lain:

1. Mengurangi masakan yang dapat menyebabkan gangguan lambung, seperti pedas atau asam.

2. Mengurangi pemakaian garam, yaitu tidak lebih dari 4 gram per hari, untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

3. Mengurangi makanan-makan yang banyak mengandung kolesterol seperti daging, jeroan, makanan berlemak dan berminyak

4. Berhati-hati terhadap makanan yang saat ini banyak menggunakan pengawet berbahaya, seperti seafood atau ikan, udang (hasil laut), bakso,mie ayam, ikan asin bahkan buah-buahan seperti melon atau semangka saat ini banyak yang terkontaminasi yang menggunakan zat berbahaya seperti pestisida,formalin, pewarna pakaian, larutan revanol,borax dll. Tentunya dengan banyaknya racun yang masuk dalam tubuh akan semakin memperberat fungsi dan kerja organ tubuh.

5. Memperbanyak makanan berserat, seperti sayuran,buah-buahan, agar-agar dll

6. Mengurangi makanan/minuman yang manis-manis (kadar gula tinggi) dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sehingga tidak menaikkan kadar gula dalam darah, khususnya bagi penderita diabetes

7. Mengurangi goreng-gorengan karena lemak dan kolestrol pasti tinggi selain itu minyak goreng menghasilkan senyawa yang bersifat oksidan sehingga tidak bagus untuk tubuh, lebih baik memperbanyak makanan yang direbus atau dipanggang.

8. Usahakan minum air hangat jangan banyak minum es, karena dengan kondisi hangat (suhu sama dengan tubuh), minuman akan diserap tubuh dengan mudah dan relax. dan minum hangat merupakan salah satu tips dari orang yang terTUA di dunia

9. Menghindari minum soda dan alkohol serta mengurangi minum kopi, lebih banyak mengkonsumsi air putih.

10. Berhati-hati jika mengkonsumsi obat, lihat dulu atauran minumnya apakah boleh untuk lansia atau dosis harus disesuaikan.

Demikian tips makanan sehat bagi lansia / orangtua semoga bisa bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Kursi Roda Murah di Jogja is proudly powered by blogger.com